English

1971 - Sepeda motor Honda mulai di ageni oleh PT Astra International. Distribusi untuk wilayah Jakarta dilakukan melalui empat dealer besar yaitu Aneka Motor, Umum Motor, Gembira Motor & Tomboro Motor.

 

1972 - Pada tanggal 6 Agustus, ke empat penyalur tersebut meleburkan badan usaha menjadi satu perusahaan dengan nama PD Union Motor yang berlokasi di Jalan Gedong Panjang. Status perusahaan ditingkatkan menjadi penyalur utama (main dealer) sepeda motor Honda untuk wilayah DKI Jakarta & Tangerang.

 

1975 - Perusahaan mengganti nama menjadi PD Union Jaya Motor serta menempati lokasi baru di Jalan Sukarjo Wiryopranoto No. 2 A. Kegiatan perusahaan menjadi dua yaitu sebagai penyalur utama sepeda motor Honda dan sebagai penyalur mobil Honda.

 

1983 - PD Union Jaya Motor melakukan restrukturisasi perusahaan dengan memisahkan dua usaha menjadi dua perusahaan yang terdiri dari PT Wahana Makmur Sejati sebagai penyalur utama sepeda motor Honda serta PT Pro Union lndojaya sebagai penyalur sepeda motor Honda & mobil Honda.

 

1991 - Dengan berkembangnya kegiatan perusahaan serta untuk meningkatkan kwalitas pelayanan penjualan dan purna jual kepada pelanggan, PT Wahana Makmur Sejati pindah ke Gedung ATAP yang berlokasi di Jalan Gunung Sahari Raya No. 32 sebagai kantor pusat.

 

1997 - Memasuki usia ke 25, perusahaan meresmikan penggunaan nama grup yaitu Grup Wahana Artha. Nama gedung kantor pusat juga diubah dari Gedung ATAP menjadi Gedung Wahana Artha. Pada tahun ini juga, dibentuk anak perusahaan yang melayani penjualan kredit yaitu WOM Finance.

 

1998 - Seperti jenis usaha yang lain, PT Wahana Makmur Sejati juga memasuki periode krisis ekonomi; penjualan anjlok tajam, dari 120.000 unit turun menjadi 15.000 unit.

 

1999 - Krisis ekonomi masih berlanjut; penjualan naik sedikit menjadi 20.000 unit.

 

2000 - Indonesia mulai lepas dari krisis ekonomi. Daya beli masyarakat membaik dan penjualan naik lebih dari dua kali; dari 20.000 unit menjadi 50.000 unit. Sepeda motor dari China mulai masuk ke pasar.

 

2001 - Perusahaan membukukan penjualan dua kali lipat menjadi 100.000 unit ditengah kompetisi yang ketat.

 

2002 - Penjualan terus tumbuh menjadi 120.000 unit. Honda tetap  menjadi pemimpin pasar dengan pangsa pasar  64 %.

 

2005 - Didorong oleh penjualan kredit, penjualan perusahaan mencapai puncaknya menjadi 260.555 unit. Anak perusahaan WOM Finance menjadi perusahaan terbuka dan mayoritas sahamnya dibeli oleh Bank International Indonesia Tbk. 

 



| Vision & Mission | Company History | Motorcycles |
| Branches | Tips | News Archive |
Copyrights © 2006 | PT Wahana Makmur Sejati